Penyakit Mata Minus

Beberapa pennyakit mata yang umum dialami oleh masyarakat adalah mata minus (rabun jauh atau myopia), mata plus (rabun dekat atau hipermetropia), rabun senja (xetropthalmia), trachoma (radang selaput ikat mata), katarak (kekeruhan lensa mata), mata ta (presbiopia) dan silinder (astigmatis). Penyakit mata minus ata rabun jauh dikenal dengan istilah myopia, buta jauh, atau cadok. Mata dikatakan rabun jauh bila hanya memiliki daya penglihatan jarak pendek, sedangkan objek pada jarak jauh tdak bisa dilihat. Penyakit mata minus diakibatkan oleh lensa mata yang terlalu cembung atau bol mata terlalu panjang sehingga bayangan objek atau benda jatuh di depan retina. Objek pada jarak pendek terlihat dengan jelas. Sementara objek pada jarak jauh terlihat kabur karena mata terlalu panjang dan gambaran terfokus didepan retina, bukan tepat pada retina.

Penyakit mata nimus merupakan kelainan yang bersifat menurun dan seringkali ditemukan pada anak-anak berusia 8-12 tahun. Antara ysia 13-19 tahun,ketika tubuh mengalami pertumbuhan yang pesat, mata minus semakin memburuk. Sementara antara usia 20-40 tahun, bisanya terjadi sedikit perubahan, seperti myopia semakin berkurang atau kenaikan (penambahan) myopia berjalan lambat. Kelainan penglihatan ini dikoreksi atau diatasi menggunakan lensa cekung yang dapat menyebabkan cahaya. Apabila kelainannya bersifat ringan, disebut dengan myopia rendha, sedangkan bila bersifat berat, disebut mata minustnggi. Miopia tinggi memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap terjadinya pelepasan retina.

Penderita penyakit mata minus harus memeriksakan matanya secara teratur ke dokter mata guna mengetahui setiap perubahan yang terjadi pada retina. Apabila retina lepas maka satu-satunya cara untuk memperbaikinya yaitu pembedahan secara sederhana, penyakit  mata minus atau miopi dapat diatasi dengan bantuan menggunakan kacamata berlensa cekung. Lensa cekung akan memancarkan cahaya sebelum cahay masuk ke mata sehingga bayangan jatuh diretina. Keliru anggapan obat untuk mengatasi rabun jauh diberi makan wortel. Wortel sendiri mengandung vitamin A, vitamin A dibutuhkan untuk memulihkan fungsi sel retina untuk membedakan terang dan gelap. Kekurangan vitamin A yang menyebabkan rabun senja. Penglihatan menjadi rabun setelah matahari terbenam. Pada kasus rabun senja memang terpat memberikan wortel namun tidak member hasil bila diberikan untuk kasus rabun jauh atau mata minus. Mata minus terjadi karena gangguan lensa, atau sumbu bola mata yang berubah, sehingga bayangan yang dilihat, jatuhnya pada bola matatidak tepat pada titik api (focus) maka bayangan tidak tampak nyata.


=====================================

>>> Kapsul Billberry Eyebright Plus Mengatasi dan Mengobati Macam-macam Penyakit Mata Seperti Penyakit Mata Katarak, Glaukoma, Rabun Jauh, Rabun Dekat, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Penyakit Mata and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>